Link

Sabtu, 30 April 2011

HARI PENDIDIKAN

Pertama saya mengucapkan SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL. kalau kita membicarakan hari pendidikan pasti kita ingat tentang Bapak pendidikan nasional KI HAJAR DEWANTARA.Ki hajar dewantara lahir pada hari kamis legi 2 mei 1889. ayahnya bernama Kanjeng Pangeran Harjo Surjaningrat. pada waktu muda ki hajar dewantara bernama R.M. Surwardi Surjaningrat.karena jasanya sangat besar. maka kita harus menghargai ki hajar dewantara. Bangsa yang besar yaitu bangsa yang mau menghargai jasa pahlawannya.
Ki hajar telah mempersembahkan jiwa raganya untuk kepentingan nusa dan bangsa indonesia. Atas segala jasanya itu Ki hajar mendapat penghargaan dari pemerintah dan masyarakat. dari pemerintah Republik Indonesia, Ki Hajar mendapat penghormatan dan penghargaan sebagai berikut:
  1. Ditetapkan sebagai Perintis Kemerdekaan ( 8 Maret 1955)
  2. Mendapatkan gelar doctor honoris causa dalam ilmu kebudayaan dari universitas Gajah Mada atas pertimbangan karena amal jasanya yang sangat besar terhadap nusa dan bangsa Indonesia dalam lapangan kebudayaan ( 19 Desember 1955 )
  3. Pada waktu wafatnya diangkat sebagai" perwira tinggi" secara anumerta dengan pemakaman negara secara militer(26 april1959)
  4. Diangkat oleh Presiden Republik Indonesia sebagai "pahlawan Nasional"(28 November1959)
  5. Olleh Pemerintah RI hari lahirnya 2 mei ditetapkan sebagai "Hari Pendidikan Nasional"(16 desember1959)
  6. Oleh Presiden Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI di anugerahi "Bintang Mahaputra" tingkat I atas jasanya yang luar biasa pada nusa dan bangsa (17 Agustus1960)
  7. Dianugerahi bintang Satya Lencana Kemerdekaan(20Mei 1961)
  8. Oleh presiden RI dianugrahi gedung pahlawan, bersama- sama dengan pemberian kepada Dr ratulangi dan samanhudi dan sembilan orang pahlawan nasional lainnya(27 November 1961)
Semboyan Pendidikan Ki Hajar Dewantara
Ing Ngarsa Sung Tulada (Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik).
Ing Madya mangun karsa (Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide).
Tut Wuri Handayani (Dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan).
Ki hajar dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959.

KRI KI HAJAR DEWANTARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar